Menaker Minta TKA Nakal Terus Dikontrol

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri terus melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi untuk mencegah masuknya tenaga kerja kasar asing ke Indonesia. Hal tersebut dilakukan guna mengontrol Tenaga Kerja Asing (TKA) nakal. 

“Masuknya tenaga kerja kasar asing ke Indonesia bisa terjadi karena dua hal. Pertama visa kedua izin,” kata Menaker Hanif, usai menghadiri acara Silaturahmi Nasional Pendukung Jokowi di Senayan, Jakarta Pusat, kemarin. 

Dia menjelaskan, dua faktor itu yakni tenaga kerja yang datang memanfaatkan visa turis lalu mereka bekerja di Indonesia atau karena pelanggaran perizinan. 

"Kalau yang ditemukan di lapangan ya karena dua itu. Mereka masuk lewat visa turis atau adanya pelanggaran perizinan seperti kasus kereta cepat di Halim itu, mereka bilangnya manajer tetapi ternyata kok melakukan pekerjaan kasar," kata Menteri Hanif. 

Dia menuturkan, saat ini Kementerian yang dipimpinnya terus memantau dilapangan supaya tidak kecolongan dalam mengatasi pelanggaran perizinan seperti kasus di Halim. Selain itu, Kemenaker juga memantau dinas ketenagakerjaan di daerah-daerah.(p/ab)